Search

Kabar Terbaru

Pelatihan Sistem Informasi Desa Se-Kecamatan Sobang

cr1Era globalisasi menuntut setiap unsur masyarakat untuk memiliki wawasan yang sangat luas. Berada di daerah pedesaan yang jauh dari akses informasi menuntut setiap masyarakat Desa untuk mendapatkan informasi dengan cara yang cepat dan mudah.

Berangkat dari hal tersebut, menginspirasi Perangkat Desa Se Kecamatan Sobang yang difasilitasi oleh RMI untuk mengadakan PELATIHAN SISTEM INFORMASI DESA. Pelatihan ini diadakan di Aula Kecamatan Sobang pada hari Jum’at 27 Maret 2014.

cr2Pelatihan SID ini diikuti oleh 10 Desa yang ada di kecamatan Sobang, setiap desa mengirimkan 2 orang peserta pelatihan yang terdiri dari perangkat desa. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dibuka langsung oleh Camat Sobang, Bapak Wijayanto Yantika, S.Sos.Dalam sambutanya Camat Sobang menyampaikan apresiasinya terhadap pelatihan SID ini.

“Saya sangat merasa tertarik dan mendukung Kegiatan ini.” ujarnya.

Lebih lanjut lagi beliau menyampaikan harapannya setelah pelatihan ini selesai harus ada tindak lanjut dari setiap perangkat Desa yang mengikuti Pelatihan agar memanfaatkan website dan sistem IT ini untuk pelayanan masyarakat.

Dalam Kegiatan ini, Bapak yadi Royandi (Sekdes Sindanglaya) selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan diadakannya pelatihan ini, beliau menyatakan dengan adanya pelatihan ini dihrapkan dapat membuka wawasan dan menghilangkan kesan “kuper” untuk masyarakat pedesaan terutama bagi Perangkat Desa selaku pelayan masyarakat.

cr3Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh pemateri sekaligus penggagas kegiatan pelatihan dari Rimbawan Muda Indonesia (RMI) yaitu Kang Aji Panjalu, Kang Rozak, Kang Emon dan kang Mahmud.  Aji Panjalu yang juga merupakan pegiat Gerakan Desa Membangun (GDM) dan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) menjelaskan manfaat dari website Desa sekaligus langkah-langkah membuat dan mengelola website Desa. Harapannya, dengan dibuatnya website ini, pemerintah pusat dapat mengakses dan mengetahui kondisi desa di Kecamatan Sobang dengan mudah.

Oleh: Angling – Ela Nurlaela

(Peserta Pelatihan SID-Cirompang)

Sumber: http://cirompang.desa.id/pelatihan-sistem-informasi-desa-sid-se-kecamatan-sobang/

Recent News

2
Langkah Kolaboratif Pendokumentasian dan Pelestarian KeragamanPangan Lokal Nusantara
2-1
Peran Krusial Perempuan dan Generasi Muda dalam Konferensi Tenurial 2023
Windows-10-4K-Wallpapers-24
Demokrasi dalam Kacamata Masyarakat Adat
IMG_20231209_120656
Konsolidasi 2024 Masyarakat Kasepuhan Bongkok Untuk Perjuangan Hak Pengakuan Hutan Adat
3
Sekelumit Cerita dari Teh Jarsih bersama Kelompok Lodong dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kasepuhan Cibarani
DSCF2674_15_11zon
Acara Puncak dan Penutupan Festival Pare Ketan 2023
DSCF2287_21_11zon
Batur Ngawangkong #2: Refleksi dan Rekomendasi dari Forum KAWAL
DSCF2060_1_11zon
Batur Ngawangkong #1: Peningkatan Kapasitas Forum KAWAL di Festival Pare Ketan 2023
Pembukaan Festival Pare Ketan 2023
4
Jalan Panjang Perjuangan Atas Hak Pengakuan Hutan Adat Kasepuhan Cibedug