Masyarakat Adat: Kisah Inklusi dari Kasepuhan Cirompang, Banten

JAKARTA-Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional 8 Maret lalu, Program Peduli meluncurkan sebuah film dokumenter tentang perempuan, masyarakat adat, dan inklusi sosial. Film berdurasi 3 menit ini berkisah tentang dua orang perempuan warga Kasepuhan Cirompang yang memiliki tekad untuk turut membangun desanya.

Dalam film ini, Ina Winarsih dan Titin Yulianti bercerita tentang perempuan Kasepuhan Cirompang yang memperjuangkan hak-haknya. Bersama Kelompok Perempuan Cirompang, dua perempuan ini memberikan kontribusi nyata dalam penyediaan pangan di desanya. Setahun berjalannya kelompok, posisi perempuan di Cirompang semakin diakui dengan dilibatkannya mereka dalam pengambilan keputusan desa.

Film hasil kerjasama TAF, Communicaption, dan RMI ini sebagai gambaran kehidupan masyarakat adat di Indonesia khususnya perempuan dalam perjuangan mendapatkan keadilan dan penghidupan yang lebih baik. Film ini dirilis di dua lokasi secara bersamaan, yakni di Kedutaan Besar Australia dan pada perayaan Hari Perempuan Internasional yang diselenggarakan oleh TAF di Kafe Cemara, Jakarta.

You may also like...