Search

Kabar Terbaru

Kelola Potensi Desa Melalui BUMDes

LEBAK. Aya mah aya, tapi terus kudu kumaha?” ungkapan tersebut terlontar dari peserta pelatihan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang diselenggarakan Kamis (21/7) di Desa Cirompang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. Digelar secara sederhana di kediaman pribadi Jaro Sarinun, Kepala Desa Cirompang, acara ini dihadiri oleh 46 perwakilan masyarakat dari tiga desa; Cirompang, Sindanglaya, Jagaraksa; Kokolot Kasepuhan Cirompang; serta perwakilan Pemerintahan Kecamatan Sobang.

Drs. Ahmad Syaifuddin, M.Si Staff Tenaga Ahli Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Dirjen PPMD, Kementerian Desa & PDT, bertindak sebagai narasumber acara yang memaparkan pemahaman BUMDes dari segi legal standing dan aturan kerja. Dalam pemaparan tersebut menyinggung juga peran pemerintah bersama warga desa agar peka melihat potensi dari desanya masing-masing.

“Potensi desa dapat menjadi embrio dari terciptanya unit-unit usaha yang bergerak di bawah naungan BUMDes,” ujar Syaifuddin.

Desa Cirompang memiliki potensi produk gula aren, kopi, gabah, dan durian. Desa Sindanglaya dengan gula aren, sementara Desa Jagaraksa dalam komoditi pisang, karet, pete, durian dan manggis. Selama ini pemasaran komoditi-komoditi tersebut masih dikelola secara konvensional.

BUMDes Jagaraksa sedikit lebih terdepan dari tetangganya, mereka sudah mengelola usaha jasa sewa peralatan sound system dan loket pembayaran listrik token. Namun dua jenis usaha tersebut berjalan masih jauh dari ekspektasi. Kendala seperti kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) pengurus BUMDes dalam hal manajerial dan pengembangan usaha menjadi keluhan bersama dari para peserta pelatihan ini. Peserta berharap dapat diadakan pelatihan khusus bagi para pengurus BUMDes untuk hal yang lebih teknis dalam kewirausahaan.

IMG_20160721_143755

Penulis: Zaini (Staf Divisi Knowledge Management RMI)

Recent News

2-1
Peran Krusial Perempuan dan Generasi Muda dalam Konferensi Tenurial 2023
Demokrasi dalam Kacamata Masyarakat Adat
IMG_20231209_120656
Konsolidasi 2024 Masyarakat Kasepuhan Bongkok Untuk Perjuangan Hak Pengakuan Hutan Adat
3
Sekelumit Cerita dari Teh Jarsih bersama Kelompok Lodong dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kasepuhan Cibarani
DSCF2674_15_11zon
Acara Puncak dan Penutupan Festival Pare Ketan 2023
DSCF2287_21_11zon
Batur Ngawangkong #2: Refleksi dan Rekomendasi dari Forum KAWAL
DSCF2060_1_11zon
Batur Ngawangkong #1: Peningkatan Kapasitas Forum KAWAL di Festival Pare Ketan 2023
Pembukaan Festival Pare Ketan 2023
4
Jalan Panjang Perjuangan Atas Hak Pengakuan Hutan Adat Kasepuhan Cibedug 
1
Mendorong Kemandirian Ekonomi dan Kelestarian Hutan: Perhutanan Sosial di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango