Make Cisadane River Count!

GC Poster_Post17.000 Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Indonesia. Dari jumlah tersebut, ada 108 DAS kritis yang harus segera dipulihkanⁱ.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah memutuskan 15 DAS proritas nasional untuk segera dipulihkan. Citarum, Ciliwung, Cisadane, Serayu, Solo, dan Brantas, Asahan Toba, Siak, Musi, Way Sekampung, Way Seputih, Moyo, Kapuas, Jeneberang dan Saddang.

DAS Cisadane terletak di Banten dan Jawa Barat. Melingkupi lima wilayah administratif. Mengalir sepanjang 127,8 KM, mulai dari hulu di Gunung Gede Pangrango, dan bermuara di Laut Jawa.

RMI bersama tujuh organisasi di tujuh negara di Asia Tenggara, menggagas kampanye bersama, terkait sungai. Our River Our Life [OROL]. Kampanye ini dimulai tahun 2012.

Di Indonesia, RMI mengangkat Sungai Cisadane sebagai objek kampanye OROL ini. Beragam kegiatan telah dilakukan, berbagai data, fakta dan opini juga digulirkan.

Green Camp merupakan salah satu rangkain kegiatannya. Dengan tujuan utama menggalang public awerness. Kegiatan ini fokus menyasar anak muda, karena RMI percaya, generasi muda merupakan aktor penting dalam sebuah gerakan perubahan. Perubahan menuju lebih baik.

Green Camp 2016 , RMI mengajak Relawan4Life sebagai penyelenggara. Relawan4Life adalah komunitas anak muda di Bogor, yang fokus berkegiatan dalam isu lingkungan dan pendidikan.

Green Camp, bukan kemping sekedar kemping. Selama tiga hari dua malam, kegiatannya sangat padat. Mulai dari diskusi, observasi sosial, melihat peninggalan sejarah, bermain, dan pertunjukan seni.

Kok berbayar?

Iya peserta dikenakan biaya. Dana ini sebenarnya untuk subsidi silang dengan anak-anak muda yang mempunyai semangat, namun memiliki keterbatasan. Sehingga semua anak muda memiliki kesempatan yang sama. Ada juga kompensasi bagi anak muda yang aktif di komunitas/organisasi.

Green Camp 2016 diselenggarakan tanggal 18-20 November 2016. Bertempat di Ciaruteun, Ciampea, Bogor. Fasilitas yang didapat: konsumsi, transportasi [meeting point-lokasi pp], kaos, dan akomodasi. Biaya pendaftaran Rp. 150.000/orang. Potongan harga 50% bagi yang aktif di komunitas/organisasi. Formulir dan cara pendaftaran, bisa diunduh di https://relawan4life.wordpress.com/2016/10/08/formulir-greencamp-2k16/

Upaya untuk memulihkan Sungai Cisadane, tidak hanya tugas pemerintah. Semua memiliki peran untuk ambil bagian dalam gerakan menuju lingkungan yang lebih baik. Karena, Sungai Kita, Hidup Kita. Green Camp 2016: Make Cisadane River Count!

Info lebih lanjut bisa menghubungi:

ⁱ http://tataruangpertanahan.com/kliping-1998-15-das-prioritas-untuk-dipulihkan.html

You may also like...