Bupati Lebak Dukung Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Masyarakat

Lebak-“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan RMI selama ini (di Kasepuhan Karang, red). Karena keterbatasan kemampuan dan dana, Pemda butuh dukungan dari RMI,” ungkap Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Ungkapan ini disampaikan Bupati saat pertemuan dengan RMI di ruang pertemuan Pemda, Rabu, 30 Agustus.

Sebelumnya, RMI menyampaikan perkembangan Kasepuhan Karang sejak ditetapkan pada akhir tahun 2016 lalu. Saat ini RMI bersama masyarakat Kasepuhan Karang (pemuda, perempuan dan kelompok marjinal lainnya) mengembangkan beberapa kegiatan dalam skema program PEDULI. Di antaranya adalah sekolah lapang, penguatan kelembagaan adat dan pengembangan ekowisata.

Hadir dalam pertemuan ini Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Lebak, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Desa Jagaraksa, Kepala Desa Sindanglaya dan Kepala Desa Cirompang.

“Kasepuhan Karang menjadi perhatian banyak kalangan; pemerintah pusat dan lembaga-lembaga lain yang ingin mempelajari hutan adat Kasepuhan Karang. Dalam konteks hutan adat Kasepuhan Karang, RMI ingin menjadikannya sebagai laboratorium hutan adat,” jelas Direktur Eksekutif RMI, Marda Tillah yang juga didampingi oleh beberapa staf RMI.

Saat ini RMI, bersama masyarakat lokal, sedang melakukan percepatan hutan adat di dua lokasi, yaitu Kasepuhan Pasir Eurih dan Kasepuhan Cirompang, keduanya masih berada di Kabupaten Lebak.

Dalam kesempatan ini Bupati juga mengingatkan untuk lebih memperhatikan pengelolaan sumberdaya lokal dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Pemda, ujar Bupati, lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat dan tidak akan mengeluarkan izin-izin pertambangan.

(Audiensi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kab, Lebak: Dokumen RMI 2017)

(Audiensi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kab. Lebak: Dokumen RMI 2017)

Dalam kesempatan terpisah, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak juga mendukung upaya RMI memfasilitasi pendirian koperasi di Kasepuhan Karang. Menurut Mumu Mulyana, Kepala Seksi Promosi Usaha, Dinas Koperasi dan UKM siap membantu RMI dan masyarakat Kasepuhan Karang memfasilitasi sosialisasi pra koperasi. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman awal kepada masyarakat yang akan membetuk koperasi. (ya)

 

 

***

Penulis: (Divisi Pengelolaan Pengetahuan RMI)

You may also like...