Sekolah Kaki Gunung 2021

Pelatihan Kepemimpinan Generasi Muda Adat

Anak muda merupakan aspek penting dalam mendukung kerja-kerja sosial dan lingkungan. Anak muda merupakan agen perubahan yang akan memberikan dampak positif yang signifikan apabila peran aktifnya dapat disalurkan melalui berbagai program yang langsung berhubungan dengan masalah sosial dan lingkungan. 

Sekolah Kaki Gunung (SKG) adalah sebuah kursus singkat untuk penggerak lokal di masyarakat, karena dalam keadaan pandemi kursus singkat ini diadakan secara online, melaui aplikasi Zoom. SKG diinisiasi oleh Forest Watch Indonesia (FWI), Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP), RMI-The Indonesian Institute For Forest and Environment (RMI), dan Sajogyo Institute (Sains). Berangkat dari banyaknya ketimpangan pembangunan yang perlu dibenahi dan masyarakat perlu jadi bagian dari penyelesaian masalah tersebut.

Pada kursus ini peserta akan dibekali pengetahuan, wawasan, keterampilan, pengalaman, dan jaringan untuk meningkatkan kesiapan mereka agar dapat beraktivitas sesuai kapasitas masing-masing, dan tetap berkontribusi pada keadilan sosial dan lingkungan. Peserta juga akan diajak untuk berpikir kritis, luas, dan mendalam guna melihat alternatif-alternatif pemecahan masalah untuk mewujudkan keadilan sosial dan lingkungan. 

Adanya kolaborasi empat organisasi, metode penyampaian dalam pelatihan lebih beragam, pengetahuan yang disampaikan lebih komprehensif, sehingga memperkaya cara dalam mencetak generasi muda yang berani berpihak. 

 

Persyaratan peserta 

  1. Pendaftar adalah mahasiswa/i atau yang mewakili kelompok masyarakat dari usia 20-30 tahun.
  2. Mengisi formulir peserta pada link berikut: https://bit.ly/FormulirSKG 
  3. Menulis essay  sebanyak 500-800 kata, dengan format penulisan A4, font Times New Roman, ukuran 12, margin normal, kiri  4, kanan 3, atas dan bawah 3. 

Tema Penulisan: 

  1. Kearifan Lokal Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Lingkungan
  2. Reforma Agraria Era Jokowi: Peluang atau Jebakan?
  3. Pendayagunaan data dan informasi dalam pemantauan Hutan
  4. Peta Partisipatif dan Perluasan Wilayah Kelola Masyarakat

 

Narahubung

Silakan menghubungi Ani 0899-9505-028 atau Sifu 0818-0711-7488 

Diposkan dalam Tak Berkategori. Markahi permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *