12 Februari 2020

SHORT COURSE Batch IV

Short Course Relawan Lingkungan untuk Perubahan Sosial (Batch IV)

Presiden Soekarno pernah dengan sangat tegas mengatakan, “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia!”. Namun begitu, WS Rendra dalam sajaknya yang berjudul “Sajak Seonggok Jagung” mempertanyakan:

“… Apakah gunanya pendidikan
Bila hanya akan membuat seseorang menjadi asing
Di tengah kenyataan persoalannya?
Apakah gunanya pendidikan
Bila hanya mendorong seseorang
Menjadi layang-layang di ibukota
Kikuk pulang ke daerahnya?
Apakah gunanya seseorang
Belajar filsafat, sastra, teknologi, ilmu kedokteran, atau apa saja.
Bila pada akhirnya,
Ketika ia pulang ke daerahnya, lalu berkata:
“di sini aku merasa asing dan sepi”
 
Berbagai permasalahan sosial dan lingkungan di Indonesia hari ini memerlukan pemikiran-pemikiran segar dan semangat juang tinggi dari kaum muda. Sayangnya, tidak banyak kaum muda Indonesia yang masih peduli dan memahami berbagai permasalahan tersebut.
 
Jika kalian adalah 20 pemuda isitimewa dari jutaan yang lain, yang ingin lebih memahami kelindan masalah sosial dan lingkungan serta berbagai titik terang untuk menjawab berbagai permasalahan tersebut, maka kegiatan Short Course Relawan Lingkungan untuk Perubahan Sosial Batch IV ini adalah pintu masuk yang tepat.

Short Course ini merupakan kegiatan ke-4 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2016. Berbagai isu lingkungan, ekonomi, politik, hingga sosial-budaya menjadi bagian tak terpisahkan dalam sesi-sesi pembelajaran serius, santai dan menyenangkan. Tidak hanya teori saja, ada sesi-sesi yang secara langsung menghadapkan kalian pada isu-isu tersebut. Bahkan, beberapa dari kalian yang terpilih di akhir Short Course akan berkesempatan belajar secara langsung di tengah-tengah masyarakat yang hidup di wilayah ekosistem Gunung Halimun-Salak di Lebak, Banten.

Melalui kesempatan sekali setahun ini, diharapkan muncul generasi muda yang, tidak seperti yang dikhawatirkan WS Rendra: memiliki pendidikan, namun terasing dari berbagai permasalahan sosial dan lingkungan, sehingga tidak mampu berkontribusi kepada masyarakat, selain untuk kepentingan pribadi.

Hari/Tanggal dan Tempat

Mulailah persiapkan waktu, tenaga, dan pikiran kalian sejak sekarang karena kegiatan ini akan diselenggarakan Rabu-Minggu, 4-8 Maret 2020 di GG House, Gadog, Bogor.

Syarat Pendaftaran:

  1. Perempuan/Laki-laki berusia 18-24 tahun,
  2. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, atau di Jawa Barat dan Banten
  3. Berstatus mahasiswa/I, dan/atau aktif berorganisasi dan memiliki motivasi yang kuat untuk berperan sebagai agen perubahan sosial.
  4. Jika syarat di atas terpenuhi, daftarkan diri kalian melalui tautan berikut ini: http://tinyurl.com/SCRMI2020
  5. Ketika telah terdaftar, kamu akan diminta untuk membayar biaya Short Course sebesar Rp. 3.500.000/peserta; KECUALI kamu lolos untuk menerima beasiswa Short Course
  6. Kami juga memberikan 20 kesempatan beasiswa bagi kalian yang mau mengikuti seleksi di sini.

Cara mengikuti seleksi beasiswa Short Course Relawan Lingkungan untuk Perubahan  Sosial:

  1. Tuliskan esai dengan tema “Lingkungan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam” sebanyak 500-800 kata. Isi dari esai dapat dikembangkan sesuai minat isu pilihan kalian;
  2. Esai kemudian dapat diunggah melalui link pendaftaran di atas sebelum hari Senin, tanggal 24 Februari 2020 Pukul 23.59 malam;
  3. Esai kalian akan menjadi bahan seleksi untuk mendapatkan beasiswa yang meliputi biaya akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama Short Course berlangsung;
  4. Hasil seleksi akan diumumkan melalui WhatsApp dan email, serta website dan Facebook/Instagram/Twitter RMI (silakan di-follow!);
  5. Satu lagi, untuk kalian yang terpilih mendapatkan beasiswa ini, akan dikenai commitment fee sebesar Rp 200.000/peserta, dan dibayarkan paling lambat pada 28 Februari 2020. Commitment fee ini akan dikembalikan jika peserta dinyatakan lulus short course, dan salah satu persyaratannya adalah mengikuti short course dari awal sampai akhir. Bagi peserta yang mengundurkan diri atau tidak mengikuti kelas secara penuh, maka commitment fee dinyatakan hangus dan tidak akan dikembalikan.

 

Apa yang didapat dari Short Course ini?

Pengetahuan, pengalaman, dan networking akan menjadi hal utama yang didapat dalam Short Course ini, selain sertifikat. Di bawah ini adalah beberapa materi di antaranya:

  • Mindfulness dan Kepemimpinan
  • Jender dan Inklusi Sosial
  • Etika lingkungan
  • Ekologi Politik
  • Kebijakan dalam pengelolaan sumber daya alam
  • Ekonomi dan Kearifan Lokal
  • Gerakan kerelawanan untuk perubahan sosial

Untuk yang terseleksi mengikuti kegiatan lapangan setelah Short Course selesai, pengalamannya dijamin akan merubah hidup kalian, seperti cerita empat alumni Short Course ini 

http://bit.ly/CeritaEmma

http://bit.ly/CeritaAlfina

http://bit.ly/CeritaNadya

http://bit.ly/CeritaNaf

Kontak Panitia untuk Informasi Lebih Lanjut

Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut, calon peserta dapat menghubungi Ajeng melalui whatsapp dan telpon di 0896 7139 3467,  atau Kantor RMI  di 0251 8311097.