Visi & Misi

Visi

Kedaulatan rakyat, perempuan & laki-laki, atas tanah dan kekayaan alam untuk mewujudkan sistem penghidupan berkelanjutan.

Misi

  1. Memberdayakan kelompok petani, perempuan & laki-laki, dalam memperjuangkan hak-hak atas tanah dan kekayaan alam untuk penghidupan berkelanjutan.
  2. Mengawal proses-proses penyusunan kebijakan menuju kebijakan pengelolaan tanah dan kekayaan alam yang berkeadilan dan menjamin penghidupan berkelanjutan bagi masyarakat miskin, perempuan & laki-laki.
  3. Menggalang aksi kolektif untuk mengakui dan menjamin hak-hak rakyat, perempuan & laki-laki, atas tanah dan kekayaan alam.
  4. Mengembangkan sistem pengelolaan pengetahuan (Knowledge Management System) melalui proses-proses pembelajaran akseleratif yang mampu melintasi batas-batas antara pengetahuan dan aksi.

 

Visi Praktikal 2011-2016

  1. Pengelolaan Sumber Daya Hutan Berbasis Masyarakat (PSDHBM) berkembang di lokasi-lokasi dampingan untuk mewujudkan keadilan dalam pengelolaan kekayaan alam dan penghidupan berkelanjutan, menjadi tempat pembelajaran bagi berbagai pihak, dan menjadi bagian yang terintegrasi dengan pengelolaan DAS.
  2. Kelompok-kelompok masyarakat dampingan memiliki kapasitas memadai untuk mengembangkan berbagai inovasi dalam pengelolaan kekayaan alam dan dalam mengembangkan kewirausahaan ramah lingkungan dan berkeadilan.
  3. Terbit sejumlah kebijakan di berbagai tingkatan yang mendukung dan memperkuat hak-hak masyarakat atas kekayaan alam (lahan hutan) untuk mencapai penghidupan berkelanjutan.
  4. RMI menjadi organisasi pembelajar yang memiliki kapasitas dalam mewujudkan visi praktikal didukung oleh tata kelola organisasi yang bertanggung gugat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *