Search

Kabar Terbaru

Pelatihan Menulis Bagi Komunitas

Masyarakat dari Kampung Cibangkala, Kapudang, Cilunglum, Warung Pojok, Karang dan Kampung Cikadu mengikuti pelatihan menulis pada 25-26 Februari 2015 di aula kantor Desa Jagaraksa. Ada 34 orang (24 laki-laki dan 10 perempuan) mengikuti pelatihan. Kegiatan yang sama juga dilakukan di Desa Cirompang pada 27 Februari 2015 melibatkan 17 orang (4 laki-laki, 13 perempuan). Narasumber pelatihan adalah Nia Ramdhaniaty (Direktur Eksekutif RMI) dan Rojak Nurhawan (Manajer Pemberdayaan Masyarakat RMI). Sedangkan fasilitatornya Sahdi Sutisna (Pemberdayaan Masyarakat RMI).

“Berawal dari menulis, jika diniatkan untuk membangun desa ke arah yang lebih baik pasti bisa membuat masyarakatnya lebih sejahtera” kata Sahdi Sutisna yang biasa dipanggil Kang Aji dalam pengantarnya.

menulis3Nia mengajak peserta untuk coba menuliskan tentang kampungnya masing-masing. “Jangan takut salah, kita belajar bersama-sama. Lagipula cerita tentang kampung di sini, hanya bapak ibu yang benar-benar paham”. Cerita tentang sejarah kampung, kegiatan masyarakat, persoalan yang dihadapi warga kampung ataupun harapan kampung di masa depan bisa dituliskan oleh peserta pelatihan.

Peserta belajar tahap menyusun tulisan dan teknik mencari informasi. Informasi bisa didapatkan dari wawancara, sensus, mengumpulkan informasi dari koran dan lain sebagainya. Rojak menegaskan, “Tentukan lebih dulu kerangka tulisan agar mudah dalam merangkai informasi yang didapat menjadi tulisan. Setelah ada draf tulisan, baca ulang, lalu revisi dan perbaiki lagi”.

menulis4Desa Jagaraksa dan Desa Cirompang sudah memiliki website desa yang bisa digunakan untuk mempromosikan desa. Web kedua desa tersebut bisa diakses melalui: www.cirompang.desa.id dan www.jagaraksa.desa.id. Informasi tentang desa lebih mudah disebarluaskan. Sehingga tulisan warga, termasuk peserta pelatihan kali ini, diharapkan bisa dimuat dalam website desa.

Sri Hayati (Desa Cirompang) mengungkapkan, “Dengan mengikuti pelatihan ini, banyak pelajaran yang aku dapatkan dan masyarakat bisa tau tentang cara menulis yang baik dan benar. Kami sangat bersyukur atas kedatangan RMI ke desa kami karena bisa menambah wawasan dan motivasi pada masyarakat”.

 

Ditulis Oleh: Ratnasari (Divisi Pengelolaan Pengetahuan RMI)

Sumber: Catatan Lapang oleh Eman Sulaeman-Divisi Pemberdayaan Masyarakat RMI

Recent News

3-1
Partisipasi Kaum Muda Demokratis: Mulai dari Lokal
2
Langkah Kolaboratif Pendokumentasian dan Pelestarian Keragaman Pangan Lokal Nusantara
2-1
Peran Krusial Perempuan dan Generasi Muda dalam Konferensi Tenurial 2023
WhatsApp-Image-2024-04-22-at-10.40
Demokrasi dalam Kacamata Masyarakat Adat
IMG_20231209_120656
Konsolidasi 2024 Masyarakat Kasepuhan Bongkok Untuk Perjuangan Hak Pengakuan Hutan Adat
3
Sekelumit Cerita dari Teh Jarsih bersama Kelompok Lodong dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kasepuhan Cibarani
DSCF2674_15_11zon
Acara Puncak dan Penutupan Festival Pare Ketan 2023
DSCF2287_21_11zon
Batur Ngawangkong #2: Refleksi dan Rekomendasi dari Forum KAWAL
DSCF2060_1_11zon
Batur Ngawangkong #1: Peningkatan Kapasitas Forum KAWAL di Festival Pare Ketan 2023
Pembukaan Festival Pare Ketan 2023
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram