Search

Kabar Terbaru

Menuju Ekonomi Mandiri, Kasepuhan Pasir Eurih Tentukan Produk Unggulan

Menggali potensi lokal menuju kemandirian desa saat ini tengah digalakkan oleh masyarakat adat Kasepuhan Pasir Eurih. Para pemuda, perempuan, dan tokoh masyarakat berkumpul pada hari Rabu, 20 Maret 2019 di Desa Sindanglaya, Kabupaten Lebak, Banten.

Masyarakat berdiskusi untuk memusyawarahkan produk unggulan yang bernilai ekonomi, yang bisa menjadi kendaraan mereka dalam mencapai kemandirian ekonomi. Dari 8 produk yg diunggulkan seperti padi, aren, pisang, cengkeh, kayu, kopi, karet, dan durian. Diputuskan untuk memberi perhatian lebih pada padi, aren, pisang. Musyawarah ini jg merupakan kesempatan bagi mereka untuk memperkuat konsep wirausaha melalui organisasi Komunitas Pemuda Adat Kasepuhan (KOMPAK) dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

KWT sendiri adalah sebuah kelompok masyarakat di lingkungan wilayah Kasepuhan Pasir Eurih yang didirikan pada tahun 2017. Adapun anggotanya adalah perempuan adat yang berada di Kasepuhan pasir eurih. Dengan tujuan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas agar perempuan adat lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi persoalan ekonomi. “Ingin memajukan kaum perempuan agar kedepannya lebih maju dan ada kegiatan selain bertani di sawah,” kata Wawat, Ketua KWT.

Sementara KOMPAK merupakan sebuah organisasi kelompok masyarakat di lingkungan wilayah Kasepuhan Pasir Eurih yang didirikan pada tahun 2018. Adapun anggotanya adalah para generasi muda adat yang berada di Kasepuhan pasir eurih. Dengan tujuan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas agar generasi muda adat lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi persoalan ekonomi. Selain itu, KOMPAK juga mengajak pemuda yang ada di lingkungan Kampung Pasir Eurih senantiasa menjaga adat dan tradisi warisan karuhun yang ada di kampung Pasir Eurih.

Penulis: Siti Marfu’ah

Recent News

2-1
Peran Krusial Perempuan dan Generasi Muda dalam Konferensi Tenurial 2023
IMG_20231209_120656
Konsolidasi 2024 Masyarakat Kasepuhan Bongkok Untuk Perjuangan Hak Pengakuan Hutan Adat
3
Sekelumit Cerita dari Teh Jarsih bersama Kelompok Lodong dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kasepuhan Cibarani
DSCF2674_15_11zon
Acara Puncak dan Penutupan Festival Pare Ketan 2023
DSCF2287_21_11zon
Batur Ngawangkong #2: Refleksi dan Rekomendasi dari Forum KAWAL
DSCF2060_1_11zon
Batur Ngawangkong #1: Peningkatan Kapasitas Forum KAWAL di Festival Pare Ketan 2023
DSCF1848_16_11zon
Pembukaan Festival Pare Ketan 2023
4
Jalan Panjang Perjuangan Atas Hak Pengakuan Hutan Adat Kasepuhan Cibedug 
1
Mendorong Kemandirian Ekonomi dan Kelestarian Hutan: Perhutanan Sosial di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
4-4
Fina, Partisipan Perempuan Baru Forum KAWAL