Latar Belakang
RMI-The Indonesian Institute for Forest and Environment adalah sebuah organisasi nirlaba independen yang memfokuskan diri pada isu pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup lestari berbasis masyarakat. Organisasi ini didirikan di Bogor pada 18 September 1992 dan terdaftar secara resmi di KemenKumHAM tahun 2012. Untuk mencapai visinya, RMI melakukan program di tingkat pemerintah lokal dan nasional juga berjejaring dengan berbagai organisasi di berbagai tingkat hingga internasional. Program-program RMI dijalankan melalui seri aktivitas pengorganisasian masyarakat, riset aksi, kampanye publik, advokasi kebijakan, dan pengembangan wirausaha agraria berbasis keanekaragaman hayati dan budaya lokal. Dalam mencapai visinya, RMI menekankan pada terwujudnya keadilan gender dalam pengelolaan sumber daya alam, serta terencananya reproduksi sosial dan regenerasi pengelolaan sumber daya alam.
Divisi Keuangan adalah bagian penting dalam melakukan kerja-kerja programatik RMI. Pelaksanaan program dan aspek keuangannya adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Karenanya, staf keuangan yang berkemampuan baik menjadi kebutuhan penting untuk mendukung keberhasilan kerja-kerja RMI.
Staf Keuangan diharapkan memberikan kontribusi sebagai berikut:
- Mengelola (memegang, mencairkan, melaporkan, merekonsiliasi laporan secara bulanan) petty cash.
- Melakukan rekapitulasi rekening koran secara bulanan.
- Menjalankan transaksi keuangan lembaga.
- Membantu mempersiapkan, implementasi, dan pelaporan keuangan tim program dalam pelaksanaan kegiatan lapangan.
- Menyiapkan dan memverifikasi dokumen pendukung terkait dengan pelaporan keuangan lembaga.
- Bersama-sama dengan tim program untuk menyiapkan dan memverifikasi laporan yang akan dikirimkan ke lembaga donor
Persyaratan Kualifikasi dan Kompetensi
Staf Keuangan RMI harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:
- Jujur dan teliti.
- Mampu berkomunikasi dengan baik.
- Mampu bekerja sama dengan tim.
- Mampu berbahasa Inggris (lisan dan tulisan).
- Memiliki gelar sarjana yang relevan dengan bidang keuangan
- Memiliki pengetahuan kebijakan Akuntansi.
- Memiliki kemampuan membuat Laporan Keuangan.
- Memiliki pengalaman mengelola keuangan non-profit (diutamakan).
- Memiliki pengalaman menggunakan software keuangan (diutamakan).
- Memiliki pengetahuan terkait dengan PPh 21, PPh 23, PPh Badan (diutamakan).
Lamaran pekerjaan dikirimkan dengan melampirkan Surat Lamaran dan Curriculum Vitae (CV) ke email recruitment@rmibogor.id
Subject: [Loker Staf Keuangan]_[Nama Lengkap] Paling lambat Senin, 23 Desember 2024.